Kamis, 07 Agustus 2014

Main Sepakbola Yes, Bersujud Yes

Di Liga Inggris pada musim lalu terdapat sekitar 40 pemain yang beragama Islam dengan latar belakang negaranya masing-masing. Beberapa pesepak bola top di Liga Inggris yang Muslim antara lain Yaya dan Kolo Toure, Edin Dzeko, Samir Nasri, Nicolas Anelka.  Termasuk Demba Ba.

Demba Ba adalah salah satu pemain di Liga Inggris yang muslim dan terkenal dengan selebrasi atas gol yang dia ciptakan dengan melakukan sujud syukur di tengah lapangan. Demba Ba, menurut laporan beberapa media, tetap berpuasa meski harus menjalani latihan bahkan pertandingan. Apakah stadion Gelora Bung Karno, tempat laga Chelsea vs Timnas Indonesia, akan menjadi tempat sujud syukur Ba?

Demba Ba sebenarnya mengaku kerap mendapat persoalan ketika memasuki bulan puasa datang. Dia memilih untuk tetap berpuasa. Nah, tidak jarang pelatihnya memandang puasa akan mempengaruhi penampilan Ba.

Mau tidak mau, Ba harus memberikan jaminan bahwa dia akan tetap bisa memberikan penampilan terbaiknya. Kalau lah dianggap performance-nya menurun karena berpuasa, Ba dengan yakin mengatakan dia siap hanya dibangkucadangkan oleh pelatih.

Ke-Islam-an Ba terlihat secara massal oleh penikmat Liga Inggris saat dirinya masih membela Newcastle United. Pada Februari 2012, Ba melakukan perayaan dengan melakukan sujud syukur seusai mencetak gol ke gawang Aston Villa di stadion kebanggaan Newcastle, St James Park.

Aksi Ba itu diikuti rekan seklubnya yang juga Muslim, Papiss Cisse, yang sama-sama berasal dari Senegal. Kebiasaan Ba melakukan sujud syukur sebagai selebrasi setelah mencetak gol terus berlanjut di Chelsea.